Karakteristik Hukum

Karakteristik Hukum

Karakteristik Hukum adalah sebagai berikut:

1. Bentuk peraturan

Adapun karakteristuk hukum yang paling dasar merupakan bentuk peraturan, yang di dalamnya mencakup bagaimana seseorang harus bertindak, apa yang patut dilakukan maupun tidak sepatutnya dilakukan. Bagaimana mengatur kehidupan masyarakat ini yaitu melalui suatu peraturan yang tegas dan jelas.

2. Peraturan tersebut dapat tertulis maupun tidak tertulis

Dalam kehidupan masyarakat, terdapat 2 jenis peraturan dilihat dari bentuknya. Suatu peraturan dapat tertulis maupun tidak. Hukum yang tertulis misalnya undang-undang, hukum yang tidak tertulis misalnya hukum adat. Meskipun tidak tertulis, namun keberlakuannya tetap mengikat dan memiliki legitimasi. Dewasa ini bentuk peraturan memang lebih condong ke bentuk peraturan tertulis dalam konteks menjaga Kepastian Hukum.

3. Bersifat Memaksa / Keberlakuannya dapat dipaksakan

Salah satu karakteristik hukum yaitu keberlakuan yang bersifat memaksa. Menjadikan setiap orang langsung maupun tidak langsung tidak terlepas dari hukum itu sendiri. Hal tersebut dikarenakan dalam hukum terdapat sanksi yang tegas apabila suatu peraturan di langgar. Menjadikan setiap orang harus taat hukum, bukan hanya karena mereka melakukan perbuatan yang memang semestinya dilakukan, tapi juga menghindari hukuman yang dapat dijatuhkan bagi yang melanggar.

4. Paksaan dilakukan melalui alat-alat kelengkapan pemerintah

Demi mewujudkan karakteristik hukum yang ke-3 (Bersifat Memaksa), maka hukum seyogianya memerlukan bantuan. Melalui alat kelengkapan dalam pemerintahan/negara, keberlakuan hukum dapat dipaksakan. Kewenangan yang diberikan bagi alat-alat kelengkapan inilah yang nantinya menjaga keberlakuan hukum dilaksanakan di suatu wilayah. Di Indonesia sendiri, alat-alat kelengkapan tersebut diantaranya: polisi, jaksa, hakim, dan sebagainya
Previous
Next Post »